Smesco Netizen Vaganza

Jalan kemana ya? Apakah sudah bosan dengan tempat nongkrong atau hang out yang biasa. Mau ke tempat yang bisa memberikan informasi dan inspirasi? Sebenarnya tempat ini bukan tempat baru tapi mungkin banyak yang belum pernah kesini sebelumnya (termasuk saya), yang pada akhirnya malah jatuh cinta dan ingin datang dan datang lagi. Sudah pernah denger SMESCO? Yup Small Medium Enterprises and Cooperatives atau KUKM Koperasi dan Usaha kecil dan menengah. Smesco memiliki UKM galeri yang menampilkan hasil karya UKM seluruh Indonesia. Bayangkan deh bisa lihat semua karya anak negeri di satu tempat dan belanja sepuasnya. Ya, sekali lagi bayangkan ada berbagai macam barang dari cincin, kaset (seriusan ada kaset yang terakhir aku lihat diakhir tahun 90an), patung, lukisan dan berbagai macam kain tenun juga batik di satu tempat seperti melihat wajah Indonesia di satu gedung.
Menyusuri lantai demi lantai galeri Smesco ternyata menimbulkan rasa makin kagum dengan bangsa ini. Yang menarik perhatian saya saat di Smesco adalah stand Papua barat di lantai 12 dan Papua di lantai 15. Serasa diterbangkan langsung ke Papua Barat. Merasakan aroma kulit kayu yang sebagian besar jadi bahan baku produk UKM dari Papua Barat. Topi dan lukisan dari kulit kayu khas papua. Menelisik lebih detail di stand Papua Barat terdapat kerajinan dari kulit buaya berupa dompet dan tas.

Processed with VSCOcam
Topi Kece dari Papua Barat
Processed with VSCOcam
Lukisan diatas kanvas kulit kayu

Tidak jauh berbeda dengan Papua Barat, di lantai 15 terdapat stand provinsi Papua. Dan selain terdapat miniatur Honai. Yang paling kece di stand ini memamerkan dan menjual berbagai jenis koteka dengan beragam lukisan dan ukuran. Oke move on dari koteka, kaset musik khas Papua juga dijual disini. Bagai berjalan ke masa kaset berjaya, ya berjaya pada saatnya. Mungkin dari kawan – kawan rindu dengan kaset atau bahkan diantara kalian ada yg tidak tahu kaset itu fungsinya untuk apa. Tapi stand ini sadis kerennya.

Kaset Lagu Papua
Miniatur Honai dan Koteka

Selain galeri UKM nusantara Smesco juga mengadakan kegiatan yang menumbuhkan rasa cinta pada karya anak negeri. Salah satu kegiatannya adalah atau kecenya disingkat SmescoNV. Acara ini berlangsung tanggal 24-25 Oktober 2015. Pembukaan dilaksanakan tanggal 24 Oktober Jam 10.30 WIB. Acara pembukaan ini dimeriahkan oleh penampilan tari Saman. Tarian dari ujung barat Indonesia yang memadukan unsur rentak gerak penari dengan irama musik yang cepat.

Tari Saman

Beruntungnya diriku datang di hari pertama SmescoNV adalah karena ada 2 workshop fotografi yang disampaikan oleh Kak Raiyani Muharammah dan Kak Ditto Birawa. Still life fotografi yang bawakan apik oleh kak Raiyani adalah suatu tehnik fotografi memberikan sentuhan kehidupan pada benda mati yang kita foto, hingga benda mati tersebut lebih terlihat artistik dan bermakna. Still life fotografi biasanya digunakan untuk pembuatan website, artikel, katalog, flyer, iklan dan company profile. Sesungguhnya still life fotografi ini adalah pengejawantahan ekspresi, seni, kekuatan emosi / selera. Selain sudut pengambilan atau angel , jenis benda, komposisi, dan kreativitas, pencahayaan merupakan unsur penting dari still life fotografi. Dan yang paling penting adalah “The man behind the gun”, kamera yang paling bagus adalah yang kita punya saat ini. Dalam memfoto makanan misalnya, kita harus mencari posisi dan komposisi yang tepat. Karena apa yang akan kita sampaikan adalah dalam bentuk visual bukan rasa. Pesan kak Raiyani adalah jangan bosan untuk mengambil foto sebanyak mungkin minimal 5 sudut yang berbeda dan perbanyak latihan. Eksperimen itu menentukan kawan.

Kak Raiyani Beraksi

Kak Ditto menambahkan bahwa still life fotografi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu : natural/ found still life dan created still life. Natural still life adalah still life yang bisa kita temui sehari – hari langsung dari tempat aslinya atau yang tidak dimodifikasi. Sedangkan created still life adalah still life yang dihasilkan dari berbagai benda mati yang dikomposisikan dengan benda lain, dengan menggunakan lighting natural, tambahan atau kombinasi keduanya. Untuk basic light fotografi, kak Ditto memberikan tips dan trick bagaimana menimbulkan efek yang dramatis di foto dengan bantuan cahaya, karena beda arah pencahayaan akan menimbulkan efek yang berbeda pula pada hasil foto. Misalnya satu objek tapi di foto dengan front light akan berbeda efeknya dengan cara foto dengan menggunakan top atau side light. Sebelum kita bekerja dengan cahaya kita harus tahu sifat dari cahaya itu sendiri, dari sisi mana harus diletakkan sumber cahaya tambahan selain dari cahaya matahari dan blitz. Serunya lagi peserta workshop bisa praktek langsung ditempat dan diberikan tips langsung oleh ahlinya. Gimana ga kece acara ini. Kurang apalagi coba udah gratis, peserta juga diberikan souvenir untuk penanya dan ada lomba fotografi juga. Dan untuk lomba fotografi difasilitasi oleh kak Ditto.

Praktek langsung bersama Kak Ditto
Hasil belajar di workshop

Kurang baik apalagi ini Kak Ditto dan Smesco. Lomba diadakan di lantai 12 dan 15 Galeri Smesco. Peserta dipersilakan memilih obyek foto berupa hasil dari UKM – UKM di galeri lantai 12 dan 15. Di foto,menang dan,dapat hadiah. Kawan, acara yang kece kayak gini cuma ada di SmescoNV. Jangan lewatkan ya kegiatan seru Smesco lainnya. Nyesek deh kalau tau banyak yang akan didapat di satu tempat. Selain dapet barang yang kita sukai kita secara tidak langsung ikut bertindak memajukan UKM dan local brand Indonesia. Kapan lagi memberikan sesuatu untuk negeri dengan cara yang amat menyenangkan. Hasil karya anak negeri ga kalah kok kualitasnya . Mari bangga pada produksi dalam negeri. Salam satu Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s