Lokasi Prewed di Bogor

Postingan ini diperuntukkan untuk kawan – kawan yang ingin melakukan pemotretan menjelang pernikahan atau yang lazim disebut pre wedding photo session. Atau kawan – kawan yang ingin mengabadikan kebersamaan dengan orang terkasih, di postingan ini saya akan memberikan sedikit alternatif tempat di Bogor. Dibeberapa tempat yang pernah saya gunakan untuk memfoto kawan saya. Bukan fotografer profesioal jadi mungkin hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi kawan – kawan, jadi anggap saja sebagai contoh dan gambaran tempatnya kayak apa. Dan diharapkan dari foto kawan-kawan bisa mempersiapkan “senjata” dan perlengkapan seta tema yang memungkinkan dipakai. Yap kita mulai yak.

  1. Kebun Raya Bogor,

Landmark kota Bogor ini memang sering digunakan untuk pemotretan bahkan shooting film atau ftv, sintron juga sih. Beberapa sudut akan memperlihatkan sisi dalam istana Bogor, selain itu danau juga menjadi daya tarik tersendiri untuk melakukan pemotretan selain rindangnya pepohonan. Jaangan lupa jembatan gantung juga amat digemari. Jika ingin melakukan pemotretan tapi jengah karena harus berhadapan dengan antrian pengunjung yang lalu lalang, jangan khawatir. Jembatan merah ada dua, yang besar terletak disebelah selatan sedangkan jembatan yang kecil terletak di sebelah utara. Dari jembatan ini terlihat jalanan kota Bogor di sisi utara. Dari pintu utama jalanlah ke arah taman mexico, letak jembatan ini disekitar taman Mexico. Jembatan merah kecil ini menghubungkan taman mexico dengan kawasan pembibitan, jalanan kawasan pembibitan ini juga menarik. Seinget aku dulu tempat ini dijadikan tempat syuting sinetronnya vonny dan Baim Wong pas aku masih SD gitu, udah lama tapi bayangan tempat ini masih sama. Selain itu ada hamparan rumput  di depan cafe Green garden (dulu namanya cafe Dedaunan). Di depannya terdapat kolam teratai. Ini hasil foto aku. Jangan lupa urus administrasi ya sebelum melakukan pemotretan

dddddaDSC_0100DSC_0138

  1. Situ gede / Cifor

Bagi yang sudah pernah ke Kebun raya dan menginingkan tempat yang lebih menyerupai hutan, Cifor dan Situ gedhe bisa jadi alternatif. Dari keluar tol sentul selatan keluar di jalan baru lurus saja sampai Yasmin atau Bubulak, dari perempatan yasmin dan stelah jembatan yang cukup panjang ada penunjuk arah ke Cifor/ Situ gede. Ikuti penunjuk arah tersebut dan anda akan menemukan kantor Cifor. Belok kekiri dan ikuti jalanan itu. Nah sepanjang jalan ini anda akan menemukan hutan tengah kota. Lurus lagi anda akan menemukan penangkaran rusa, dan anda bisa meminta izin petugas disini untuk melakukan pemotretan. Jika sulit parkir di depan kandang rusa, anda bisa menuju parkiran situ gede. Lurus belok kiri. Setelah parkir, masukkah dari arah danau.1DSC_0682DSC_0679

 

  1. Pura Ciapus

Jika ingin mengankat sisi agama Hindu, maka pura di ciapus ini bisa dijadikan alternatif. Belum pernah si melakukan sesi pre wedding disini, tetapi jika meminta izin saya rasa diperbolehkan, tetapi hanya pada jam kunjungan saja. Yaitu dari pagi sampai jam 3 Sore. Setelah itu kita tidak bisa lagi memasuki pura selain untuk sembahyang. Ciapus, ini letaknya agak dipinggiran Bogor. Keluar dari tol Bogor, kekanan putarilah kebun raya dan carilah Bogor trade mall (BTM), dari depan BTM putarlah kearah kanan menuju samping BTM jangan lurus ke arah pintu utama Kebun raya Bogor, turun dan dari pertigaan beloklah ke kanan. Ikuti jalan menuju ciapus, sekitar 45 menit jika jalanan lancar karena memang jalananya sempit. Setelah sampai diujung angkot arah ciapus belok kiri dan 10 menit ada pertigaan menuju pura belok kirilah. Yap Pura ini masuk sekitar 2 Km dari jalan raya. Kalau anda lurus anda kan menemukan camp Mongol yang bisa juga jadi alternatif juga. Nah ini gambaran tempatnya.DSC_0073 (2)DSC_0072

  1. Gedung Kosong Surya Kencana

Gedung ini memungkinkan kawan – kawan untuk bereksplorasi secara bebas. Gedung kosong ini berhadapan dengan kawsan kota tua Bogor dan sebelah kanan anda akan menemukan pemandangan gunung salak (kalau tidak salah, karena yang saya tanya berkata demikian saat itu). Favorit saya adalah di lantai 3. Tempatnya tidak terlalu tinggi (iya saya memang phobia ketinggian) dan bisa pemandangan bisa terekspos lebih. Dan dilantai 4 juga digunkan untuk latihan kesenian si sebenernya. Dan disarankan untuk tidak malam menggunakan tempat ini, karena… gelap ahahhah. Untuk masuk daerah ini hanya perlu membayar parkir di satpam di depan gedung.DSC_0025DSC_0125DSC_0220eeeDSC_0174

 

  1. Masjid Villa Duta

Nah untuk yang mau ada sentuhan masjidnya tapi masjid raya Bogor terlalu ramai, alternatif yang tidak terlalu jauh adalah masjid di kawasan perumahan villa Duta Bogor. Keluar pintu tol Bogor kekiri , lalu ada gang masuk ke kiri sejalan dengan BMC (Bogor Medical Centre) dan restoran de Leuit, kawan kawan bisa masuk dan puter balik masuk kearah Bogor Medical Centre dan lurus saja, sekita 500 Meter anda akan menemukan perempatan, belok kiri dan dari situ anda bisa bertanya letak masjid Vila Duta. Setelah bertemu pengurusnya anda bisa melakukan pemotretan.1112

 

  1. Vila Adem

Sebenernya vila ini milik pribadi, karena ini milik keluarga temenku mungkin tidak bisa bebas masuk ya, tapi aku share aja yak kan ini Cuma mau ngasih tahu aja J (ini pasti nyebelin sekali bacanya ahahhahah sengaja emang akunya ahahhaha).  Jadi ini di daerah bantar Kambing, bagi ibu –ibu pemirsa tukang bubur naik haji pasti familiar.. dan FYI ya itu tempat bener bener ada lho di Bogor, di deket Lapangan udara Atang Sanjaya. Dan ini beberapa fotonya.

DSC_0065

DSC_0082

Dari keenam tempat ini masih ada yang belum saya jadikan tempat hunting ataupun pre wedding. Sejatinya karena kawan – kawan saya sudah semua menikah, eh belum ding tapi belum ada yang mau neikah dalam waktu dekat, jadi yang akan saya tulis setelah ini adalah tempat yang belum pernah saya pakai yak,

  1. Kelenteng Surya Kencana

Letaknya di jalan surya kencana ya kawan – kawan, diseberang pintu masuk utama Kebun raya, bisa jalan kok kalau memang parkir di kebun raya.

 

  1. Lorong IPB-KRB

Jadi jalan hubung antara IPB Baranang siang dan Kebun Raya Bogor terowongan bawah tanah agar bisa digunakan pejalan kakai untuk menyebrang. Dulu sebelum walikota yang baru, tempat ini ditutup. Tapi semenjak walikota Bogor yang abru mencanagkan Bogor kota Taman, maka terowongan ini dirombak total, jadi bisa digunakan kembali untuk penyebrangan dan bisa buat proses pemotretan juga.

 

  1. Sentul City

Kawasan Sentul memang berubah dengan cepat jadi kawasan yang luar biasa. Disentul city selain ada sirkuit (iyasik). Taman di dekat kantor pemasaran juga bisa jadi alternatif selain taman – taman, juga ada masjid AZ-Zikra dikawasan ini. Lalu ada bukit bintang disini. Yah jalurnya aga ribet ya,,,aku saja lupa (dikasih tau belum kesampaian jalan, yang ngasih tau ga ngajak lagi,oke fix lupa)

DSC_0288DSC_0353

  1. Jalanan Bogor

Jalanan Bogor juga seru buat diabadikan, jalanan ahmad Yani yang sejuk, jalan depan istana Bogor, atau jalanan ramai seperti arah jembatan merah. Jalan Otista sekitaran pasar Bogor .DSC_0040DSC_0048

 

  1. Taman Kota

Banyak Taman yang  bisa jadi alternatif loh. Di sepanjang jalan Ahmad yani sedang dibangun taman kota, lalu ada taman kencana, atau taman koleksi di depan IPB Baranangsiang. Tunggu sja saat musim kapuk datang.  Lapangan depan IPB ini bisa menjelma seperti ditutupi salju. Seru abis.  Sebenarnya bangunan belakang IPB Baranangsiang itu bagus, ada beberapa sisi yang bisa menunjukkan sisi vintage. Ada beberapa foto yang mungkin bisa jadi referensi kawan-kawan

DSC_0088DSC_0073DSC_0071DSC_0121

 

  1. Stasiun

Jika stasiun Bogor terlalu ramai, jangan khawatir. Ada stasiun Batu Tulis di daerah batu tulis.

Sebelum prasasti batu tulis ada turunan ke kiri, ikuti turunan itu dan tidak jauh dari situ anda akan menemukan stasiun kecil, tapi cukup untuk menggambarkan bahwa ini stasiun. Dan enaknya. Stasiun ini hanya dilalui oleh kereta yang menuju ke sukabumi, 2 kali sehari, pagi dan sore. Jadi anda bebas saat siang.

Selamat berpetulang di Bogor kawan. Jangan lupa meminta izin pihak yang berwenang sebelum menggunakan tempatnya. Ibaratnya kita bertamu, tak mungkin kan anda masuk lalu jeprat jepret sendiri. Cuma ngingetin aja sik aahhaha… selamat berpetualang sekali lagi.























8 tanggapan untuk “Lokasi Prewed di Bogor

  1. Hai kak siapasayasiapanda kalau pungli si saya tidak begitu tahu tapi kali di kebun raya memang ada biaya administrasi kak kalau di tempat lain hanya minta izin saja dan uang parkir (gedung surya kencana)

  2. Misi gan numpang nanya…
    Rute/jalan untuk ke arah gedung surya kencana dari stasiun bogor bagaimana yah?

    Oh iya yang stasiun batu juga kak…
    Terimakasih

  3. Kalau dr stasiun Bogor bisa naik Angkot 02 turun di dpn gedug kosobg. Kanan jalan ya
    Kalau ke Stasiun batu Tulis bisa naik 02 lagi tapi nanti di pertigaan stlah pasar sukasari ganti ke arah batu tulis..agak lupa no angkotnya.maaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s